Apa itu, program Saya Suka Membaca?

Saya Suka Membaca (SSM) adalah sebuah program dari Yayasan Tunas Aksara. Kami bekerja untuk masa depan di mana semua anak Indonesia diberikan kesempatan untuk belajar membaca, dan menjadi suka membaca.

Apa yang Saya Suka Membaca lakukan?

Kami memperlengkapi para guru pra-sekolah, guru sekolah dasar awal, orang tua, dan pendidik lainnya untuk mengajar keaksaraan secara efektif, sehingga anak-anak yang mereka ajar:

  • belajar membaca dengan lancar
  • dapat memahami isi bacaan
  • tidak hanya bisa membaca, tetapi suka membaca

Layanan apa yang Saya Suka Membaca sediakan?

Kami menyediakan layanan dalam tiga hal kepada mitra kami:

Kurikulum Literasi

Kami menyediakan kurikulum literasi Bahasa Indonesia yang efektif, menarik bagi anak-anak dan mudah digunakan, dan sudah teruji di lapangan.
[Informasi lebih lanjut tentang kurikulum SSM]

Buku Bacaan Anak

Kami meyediakan buku-buku bacaan yang dirancang secara khusus untuk mendukung anak-anak belajar membaca, dan relevan secara budaya bagi anak-anak Indonesia. Anak-anak selalu suka membaca cerita kami.
[Informasi lebih lanjut tentang buku bacaan SSM]

Pelatihan Guru

Kami menyediakan workshop pelatihan guru intensif dan pendampingan guru yang memperlengkapi guru untuk mengajar anak membaca secara efektif, berbagi kecintaan membaca, dan memenuhi kebutuhan anak-anak di kelas mereka.
[Informasi lebih lanjut tentang pelatihan guru SSM]

Mengapa belajar membaca penting?

Membaca adalah awalnya…

Membaca mengubah hidup. Membaca adalah dasar dari pendidikan yang baik, yang bisa membuat kita lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Tetapi banyak guru TK dan SD kelas awal di Indonesia belum pernah mendapatkan pelatihan tentang cara mengajar membaca dan menulis secara efektif. Hal ini mengakibatkan rendahnya tingkat melek huruf: lebih dari 86% anak usia 15 tahun Indonesia membaca pada tingkat yang terlalu rendah untuk mendapatkan manfaat signifikan dari pendidikan menengah mereka.1

Meningkatkan tingkat literasi di antara anak-anak sekolah di Indonesia sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang merata di Indonesia. Anak-anak yang belajar membaca dengan lancar dan memahami isi bacaan pada tahap awal – dan yang suka belajar – akan mendapat manfaat besar sepanjang masa sekolah mereka, bahkan sepanjang hidup mereka.

Membaca adalah masa depan…

Kemakmuran masa depan Indonesia tergantung pada tingkat literasi yang tinggi. Ekosistem produk dan layanan digital yang kaya tidak mungkin tanpa sejumlah besar pembuat konten yang sangat melek huruf dan basis yang luas dari pengguna dan konsumen yang terdidik. Dunia berubah begitu cepat, sehingga pembelajaran seumur hidup sangat penting untuk kesuksesan kita. Internet adalah sumber daya pendidikan terbesar dalam sejarah – sumber yang gratis – tetapi akses ke kekayaannya bergantung pertama-tama pada kemampuan kita untuk membaca dan menulis.2 Ekonomi digital dibangun berdasarkan keaksaraan.

Referensi:

1 Literacy key to Education in Indonesia, blog @HEADfoundation by board member Stuart Patience
2Reading the Present, Writing the Future, THink Magazine, April 2018